Lazismu Blora

×
Zakat Bersihkan Hati dan Sucikan Jiwa    Klik Disini!

Gerakan Bersama Penanaman Pohon Lazismu Se-Kabupaten Blora: Masyarakat Bersatu untuk Peduli Lingkungan

Blora, Jawa Tengah – Dalam upaya mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan, Lazismu Kabupaten Blora bersama dengan Ketua PDM Blora, Muh Syaefuddin, M.Pd., Ketua BP Lazismu Blora, Faried Budiman, S.T, Manajer Lazismu Blora, Deni Eko Triono, S.Pd, Ketua PCM Se Kabupaten Blora, KPH Kabupaten Blora, dan melibatkan sekitar 200 masyarakat, menyelenggarakan Gerakan Bersama Penanaman Pohon Lazismu Se-Kabupaten Blora. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam melaksanakan program peduli lingkungan secara serentak di seluruh Kabupaten Blora.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 24 Februari 2024, di setiap kecamatan di Kabupaten Blora. Lazismu Kabupaten Blora bersinergi dengan KPH Blora dalam memberikan bibit kepada masyarakat. Masing-masing lazismu kecamatan menerima bibit siap tanam yang nantinya akan ditanam oleh masyarakat sebagai bagian dari gerakan peduli lingkungan atau go green.

Menurut Ketua PDM Blora, Muh Syaefuddin, M.Pd., kegiatan penanaman pohon ini memiliki tujuan yang sangat mulia. “Saya mengajak semua orang yang hadir di sini untuk mulai menjaga lingkungan dari merawat tanaman di sekitar kita. Cobalah untuk memulainya dari hal kecil yang sederhana. Jika itu dilakukan konsisten dan serempak, mudah-mudahan alam bisa mulai pulih dan lestari kembali,” ucapnya dalam sambutannya.

Ketua BP Lazismu Blora, Faried Budiman, S.T, turut menambahkan pentingnya penanaman pohon sebagai upaya hidup berdampingan dengan alam. “Ketika kita menanam pohon, pada dasarnya kita menghidupkan manusia. Oksigen yang dihasilkan oleh pohon merupakan kebutuhan pokok manusia, sementara karbon dioksida yang dikeluarkan manusia menjadi makanan bagi pohon,” ungkapnya.

Deni Eko Triono, S.Pd, selaku Manajer Lazismu Blora, juga memberikan pandangannya mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar. “Mari kita menjaga lingkungan hidup dimulai dari hal-hal kecil, mulai dari diri sendiri. Upaya sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, menjaga tumbuhan di sekitar kita, dan menanam banyak tanaman di rumah dapat memberikan dampak besar jika dilakukan bersama-sama,” ujarnya.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial, tetapi juga mengandung makna mendalam bagi masyarakat Kabupaten Blora. Melibatkan masyarakat secara langsung dalam penanaman pohon menjadi langkah konkret untuk merangsang kesadaran kolektif tentang pentingnya kelestarian lingkungan.

Sejumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan ini juga memberikan tanggapan positif. Ibu Siti, salah seorang peserta dari kecamatan Jepon, mengungkapkan, “Saya sangat senang bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Selama ini, saya memang peduli dengan lingkungan, dan melalui penanaman pohon ini, saya merasa berkontribusi nyata untuk bumi kita.”

Acara penanaman pohon ini juga dihadiri oleh KPH Kabupaten Blora, yang menyampaikan dukungan penuh terhadap gerakan ini. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan. Dengan bersinergi, kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari untuk generasi mendatang,” ujar KPH Blora.

Gerakan Bersama Penanaman Pohon Lazismu Se-Kabupaten Blora menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain yang ingin menggalakkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Keberhasilan gerakan ini tidak hanya dilihat dari jumlah pohon yang ditanam, tetapi juga dari dampak positif yang dihasilkan dalam membentuk pola pikir dan perilaku masyarakat Blora yang lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan semangat kebersamaan, Kabupaten Blora membuktikan bahwa melibatkan masyarakat dalam gerakan peduli lingkungan adalah langkah yang tepat untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Zakat
Infaq
Qurban
Donasi
Akun
Scroll to Top